ZDIKRI

Selamat Datang Di Blog Ini

Organisasi dan Manajemen dalam Sistem Informasi Komputer



MAKALAH  SISTEM  INFORMASI  KOMPUTER
M E N G E N A I  O R G A N I S A S I  D A N
MANAJEMEN  DALAM  SIMKOM










Di Susun Oleh :
1.     Angga Bhaskara       (15313022)
2.     Banu Aji W.              (15313020)
3.     Dedi Irawan               (15313009)
4.     Ulil Albab N. L.        (15313026)
5.     Zdikri Amrullah        (15313032)







POLITEKNIK DHARMA PATRIA KEBUMEN
Jl. Letjend Suprapto 73 Kebumen




MAKALAH  SISTEM  INFORMASI  KOMPUTER
M E N G E N A I  O R G A N I S A S I  D A N
MANAJEMEN  DALAM  SIMKOM













Di Susun Oleh :

1.     Angga Bhaskara       (15313022)
2.     Banu Aji W.              (15313020)
3.     Dedi Irawan               (15313009)
4.     Ulil Albab N. L.        (15313026)
5.     Zdikri Amrullah        (15313032)







POLITEKNIK DHARMA PATRIA KEBUMEN
Jl. Letjend Suprapto 73 Kebumen



KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah mengenai Organisasi dan Manajemen dalam Sistem Informasi Manajemen Komputer (SIMKOM). Dalam menulis makalah ini, alhamdulillah kami tidak mendapatkan kendala-kendala, sehingga penyelesaiannya dapat dikerjakan dengan baik. Selain itu, kami juga mengucapkan terimakasih kepada Ibu Sridevi Agustin, S.St, M.M. Selaku dosen pembimbing mata kuliah Sistem Informasi Komputer, orang tua dan semua orang yang terlibat yang telah memberikan dorongan dan motivasi sehingga makalah ini dapat terselesaikan.
         Disini kami juga sampaikan, jika seandainya dalam penulisan makalah ini terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan, untuk itu kami dengan senang hati menerima masukan, kritikan dan saran dari pembaca yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah ini. Semoga apa yang diharapkan kami dapat dicapai dengan sempurna. Amin.









i



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB I PENDAHULUAN 1
1.1.  Latar Belakang 1
1.2.  Rumusan Masalah 1
1.3.  Tujuan 1
BAB II PEMBAHASAN 2
2.1.   Pengertian Manajemen 2
2.2.   Manajemen Menurut Para Ahli 2
2.3.   Proses Manajemen 3
2.4.   Pengaruh Level Manajer Terhadap Sumber dan Bentuk Informasi 3
2.5.   Pengertian Organisasi 4
2.6.   Organisasi Menurut Para Ahli 4
2.7.   Tujuan Organisasi 4
2.8.   Komponen dalam Organisasi 4
2.9.   Karakteristik Organisasi 5
2.10.                       Bagian-Bagian dalam Proses Organisasi 5
BAB III PENUTUP 6
3.1. Kesimpulan 6
3.2. Saran 6
DAFTAR PUSTAKA 7








ii



BAB I
PENDAHULUAN

1.1.            Latar Belakang
Manajemen adalah serangkaian aktivitas dalam organisasi seperti pengawasan pengendalian dan perencanaan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia, teknologi, dan sumber daya lainnya sehingga dapat dikelola secara efisien.  Untuk hal itu diperlukan sekumpulan orang dengan tujuan yang sama, bekerjasama secara rasional dan bekerja secara sistematis membentuk organisasi.
1.2.            Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan manajemen ?
2.      Bagaimana manajemen menurut para ahli ?
3.      Apa saja proses dari manajemen ?
4.      Apa pengaruh level manajer terhadap sumber & bentuk informasi ?
5.      Apa yang dimaksud dengan organisasi ?
6.      Bagaimana organisasi menurut para ahli ?
7.      Apa saja tujuan dari organisasi ?
8.      Apa saja komponen dalam organisasi ?
9.      Bagaimana karakteristik dalam organisasi ?
10.  Apa saja bagian-bagian dalam proses organisasi ?
11.  Bagaimana hubungan antara manajemen dengan organisasi ?
1.3.            Tujuan
Dalam pembahasan kali ini pemakalah mempunyai tujuan sebagai berikut:

1.      Untuk mengetahui pengertian dari manajemen serta organisasi.
2.      Untuk mengetauhi bagaimana proses maupun tujuan dari manajemen serta organisasi.
3.      Untuk mengetahui bagaimana hubungan antara manajemen dengan organisasi.
4.      Untuk memenuhi tugas mata kuliah sistem informasi komputer.








1


BAB II
PEMBAHASAN

2.1.            Pengertian Manajemen
Manajemen merupakan suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan & pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan & mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia & sumberdaya lainnya seperti teknologi.
2.2.            Manajemen Menurut Para Ahli
1.                  Sukamto Reksohadiprojo, M. COM.
Manajemen adalah suatu usaha merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, mengkoordinasikan, serta mengawasi kegiatan dalam suatu organisasi agar tujuan organisasi tercapai secara efisien dan efektif.
2.                  George R. Terry
            Manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.
3.                  Karnadi Wargasamita
            Manajemen adalah mengatur, mengurus, mengawasi pekerjaan-pekerjaan ke arah tujuan usaha.
4.                  Frederick W. Taylor
Dalam manajemen terdapat 4 prinsip yaitu:
1.                  Ppengembangan metode kerja terbaik.
2.                  Pemilihan serta pengembangan pekerja-pekerja.
3.                  Usaha menghubungkan metode kerja terbaik dengan pekerja yang terpilih dan terlatih.
4.                  Adanya kerja sama antar manajer dengan non manajer dalam hal pembagian kerja, dan tanggung jawab manajer untuk merencanakan pekerjaan.



2


2.3.            Proses Manajemen
Proses manajemen didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas sebagai berikut :
1.                  Perencanaan, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan, membuat strategi & mengembangkan rencana aktivitas organisasi untuk mencapai tujuan.
2.                  Pengorganisasian, tujuan dari organisasi di sini ialah untuk pembagian tugas berdasarkan kemampuan atau keahlian dan juga pengetahuan.
3.                  Pengarahan, tujuannya untuk menggerakkan orang lain atau anggota agar apa yang dilakukan oleh anggota dapat dikerjakan sesuai dengan semestinya.
4.                  Pengendalian, manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya.

2.4.            Pengaruh Level Manajer Terhadap Sumber dan Bentuk Informasi
1.                  Manajer Tingkat Atas (Top Manager)
Top manager mendapatkan sumber informasi secara tidak langsung yang bisa berupa tulisan ataupun data yang diperoleh dari middle manager (berupa info dari bawahan), serta menentukan atau menetapkan strategi apa yang harus dijalankan.
2.                  Manajer Tingkat Menengah (Middle Manager)
Middle manager mendapatkan sumber informasi dari lower manager secara langsung maupun tidak langsung yang dapat berupa tulisan/data maupun secara lisan, serta mengimplementasikan strategi yang ditetapkan oleh top manager.
3.                  Manajer Tingkat Bawah (Lower Manager)
Lower manager mendapatkan sumber informasi secara langsung dari sumbernya yang dapat berupa data tertulis ataupun secara lisan, serta merealisasikan strategi yang telah ditetapkan oleh top manager kepada staf atau karyawan yang bertugas.






3


2.5.            Pengertian Organisasi
Organisasi dapat diibaratkan sebagai suatut empat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional, sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali dalam memanfaatkan sumber (uang, lingkungan, material) sarana-prasarana, data, maupun teknologi yang digunakan untuk mencapai tujuan dari organisasi tersebut.
2.6.            Organisasi Menurut Para Ahli
1.                  Prof. Dr. Mr Pradjudi Atmosudirdjo
Organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk besama-sama mencapai tujuan tertentu.
2.                  James D. Mooney
            Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
                               
2.7.            Tujuan Organisasi
Berikut beberapa tujuan dari organisasi :
1.                  Mewujudkan tujuan keinginan dan cita-cita bersama anggota organisasi.
2.                  Mengatasi terbatasnya sumber daya.
3.                  Wadah untuk mendapatkan jabatan dan pembagian kerja.
4.                  Mengembangkan sumber daya dan teknologi bersama-sama.
5.                  Membantu orang lain.

2.8.            Komponen dalam Organisasi
1.                  Hardware
Hardware mencakup input, output, secondary storage untuk data dan program serta cetral processor untuk perhitungan, pengendalian dan primary storage.
2.                  Software
Software merupakan program yang digunakan untuk instruksi secara langsung dari operator ke hardware. Software diklasifikasikan kedalam 2 tipe utama, yaitu system dan aplikasi software.





4


3.                  Database 
Database yakni data-data yang digunakan untuk aplikasi software. Biasa disebut file. Bentuk fisik penyimpanan data ditunjukkan oleh media penyimpanan fisik (harddisk, flashdisk, dll yang berupa secondary storage).
4.                  Prosedur
3        Tipe utama dari prosedur :
1.      Instruksi pemakai (pemakai yang memasukkan/mengambil data atau menggunakan hasil dari data).
2.      Instruksi untuk pengolahan input oleh pegawai pengolah data.
3.      Instruksi pengoperasian untuk operasi komputer.
5.                  Operasi Kepegawaian
Operasi kepegawaian merupakan orang yang mengoperasikan suatu system seperti: operator komputer, programmer, pegawai pengolah data, manajemen sistem informasi, administrasi data, dll.

2.9.            Karakteristik Organisasi
Berikut beberapa karakteristik dalam organisasi :
1.                  Terdapat proses koordinasi secara sadar.
2.                  Adanya kesatuan sosial.
3.                  Aturan dan prosedur yang jelas.
4.                  Adanya interaksi di antara anggota.
5.                  Adanya imbalan prestise yang relatif.
6.                  Adanya kepuasan membantu orang lain.

2.10.        Bagian-Bagian dalam Proses Organisasi
1.                  Proses Komunikasi,  yaitu rangkaian kegiatan sebelum atau pada saat kejadian itu sedang terjadi, contoh : koordinasi, rapat, pengumuman dll.
2.                  Hubungan antarperan, dengan adanya hubungan antarperan maka setiap anggota dalam organisasi akan saling bekerjasama secara optimal dalam menjalankan perannya masing-masing.
3.                  Pengawasan/pengendalian, dalam sebuah proses diperlukan pengawasan/ pengendalian terhadap pihak yang berwenang agar suatu proses organisasi dapat berjalan dengan baik, terarah dan sesuai dengan tujuan.



5


BAB III
PENUTUP

3.1.            Kesimpulan
Manajemen merupakan serangkaian kegiatan dalam suatu organisasi, menejemen diperlukan dalam organisasi untuk menetapkan seluruh rangkaian kegiatan seperti menetapkan tujuan, perencanaan kegiatan, mengendalikan kegiatan dan mengawasi kegiatan untuk itu diperlukan organisasi untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh sekumpulan orang dalam organisasi yang bekerja secara sistematis dan teratur dengan pemanfaatan sumberdaya manusia, teknologi dan sumberdaya lainnya.
3.2.            Saran
Sebuah organisasi agar dapat mencapai suatu tujuan maka diperlukan sebuah manajemen yang baik dan teknologi yang mendukung karena tanpa adanya hal tersebut sebuah organisasi tidak akan mencapai suatu tujuan dengan baik. Oleh karena itu, bila anda ingin suatu organisasi berjalan dengan baik dan juga berkembang haruslah diimbangi dengan manajemen dan teknologi yang baik dan mendukung organisasi anda.



















6




SEMOGA BERMANFAAT 😅😅😅

0 Response to "Organisasi dan Manajemen dalam Sistem Informasi Komputer"